Perjuangan Mengerti Dunia Kerja 2

Helo, saya kembali akan meneruskan cerita saya yang menggantung :*.. Saya sangat berterima kasih terhadap Anda2 yang membaca tulisan ini di mana pun Anda menghabiskan waktu berharga kalian. Tuhan saya akan mengapresiasi Anda sekaligus menghukum Anda karena membaca postingan bodoh ini. wkwk

Okee mata kuliah magang sudah terdaftar di krs saya dan saya senang menerima kesempatan ini. Tetapi kesenangan saya hanyalah semu karena ternyata yang masuk matkul ini selain saya, pertama sudah magang dan tinggal laporan ke pak stedi; kedua adalah teman saya yg sedang belajar di Jepang dan akan pulang akhir Februari. oh iya, Masa krs ini kalau tidak salah awal Februari. Jadi saya pikir saya akan sendiri lagi bersama bapak yg bersama saya 2 semester lalu.

Waktu kira2 sudah seminggu dari krsan. Dan jadwal kuliah magang ada pada hari Jumat. Diberitahukan akan ada kuliah pada hari itu jam 1 siang. Oke kuliah perdana. akan jadi apa? Mana saya tahu. Ini aja baru tahu ada kuliahnya.

Tibalah pada hari Jumat. Saya datang ke kampus pukul 11 dan berjumatan di kampus sekalian. Ketika jam sudah menunjukan pukul 1 saya coba datangi ruangan tempat kuliah magang, tetapi kosong. “njir, apakah akan kuliah di kantor jurusan lagi nih?” Dengan hati yang tidak nyaman mencoba menaiki tangga menuju ruang dosen menanyakan hal ini, tetapi di tengah perjalanan menaiki tangga malah bertemu dengan bapaknya dan diajaknya ke kantor. Beneran kaan, syedih daku :(. Tetiba di ruangan beliau, saya diberikan penjelasan tentang magang dan kuliahnya. Oh begitu, ternyata sebelumnya memang sudah ada magang. Tetapi mahasiswa sini banyak yang tidak tertarik, makanya ga terkenal wkwk. Kalau tahun kemarin sih ada senpai yg magang di perusahaan di kalimantan sana. Saya diperlihatkan proposal dan laporannya oleh pak stedi. Dan ada informasi lagi tentang kuliahnya, bahwa akan dibuat kelas yang membuat saya tidak kesepian dan akan diisi dengan materi ‘tetekbengeknya’ magang itu sendiri oleh orang yang magang dari Jepang di jurusan, namanya Takeda san. Nah saya disuruh memberitahukan keppada teman, senpai, dan kouhai ttg hal itu, tapi prioritasnya ke teman saja. Ya sudah cukup saya coba renccanakan. Kuliahnya sendiri akan dilaksanakan 3 kali karena Takeda sannya waktunya terbatas.

Pertemuan pertama dengan sensei, emm ternyata kita dipermudah dalam urusan birokrasinya, keliatannya siih ga tau prakteknya. Tapi saya rasa saya masih penasaran tentang magang itu sendiri. Ohya kita, mahasiswa yg mengambil kuliah ini, disuruh mandiri mencari tempat magangnya sendiri. Maka dari itu, saya coba browsing tentang magang sastra jepang, dan walaaa ada blognya senpai yg sebelumnya magang. Di blognya, dia memang cerita magang, tapi dia magang didispar. Dia bercerita tentang perjuangan magangnya yang harus bertempur dengan anak smk yg juga ingin magang dan juga curhatannya tentang anak2 sasjep dan kewajiban magang itu sendiri. Sayangnya ketika saya telusuri lebih lanjut, tidak begitu byk info yg saya temukan. Di samping itu, hasil browsingan ttg magang jepang kebanyakan berupa lpk magang jepang yg sangat annoying. Di sisi lain, saya coba cari di web2 pencari kerja kebanyakan kriterianya tidak cocok dengan mahasiswa sastra jepang. Ada pun yg skillnya harus dewa wkwk. Saya memang masih awam tentang magang apalagi kerja, makanya saya masih mencoba mencari via internet.

cukup dulu yee, kata kak radit sih kalo nulis mending konsisten daripada panjang tapi jarang wkwk… besok bakal cerita kuliah magang yang dibuat sensei dan saya yang materinya dari mas Takeda. Salam. ^__^

Perjuangan Mengerti Dunia Kerja

Oke, sudah lama sekali saya tidak menulis di blog ini haha. Perkenalkan kembali saya Eka Cahyadi biasa dipanggil ‘Ichi’ oleh teman2 saya. Saya kuliah di sasjep UGM, semester 8 (maluk). naah pada semester ini saya agak bingung karena ini adalah akhir masa kuliah saya. wkwk

Awal semester 8 ini, saya sadar sudah tua di kampus saya :(. Mata kuiah yang wajib tinggal skripsi saja. Walaupun begitu, sks saya untuk lulus belum mencukupi 144 sks. Sks yang saya ambil baru 135, jika matkul skripsi saya ambil masih kurang 3 sks. Nah 3 sks ini mau diisi apa?

Btw,  konsentrasi saya di jurusan saya adalah sejarah Jepang. Saya sempat berpikir untuk memilih matkul dari jurusan sejarah. Tapi matkul yang saya inginkan adanya di semester ganjil. Sungguh buruk sekali nasib saya yang baru sadar ini adalah semester genap wkwk. Tapi tidak disangka2 ada matkul pilihan yang tidak pernah saya dengar sebelumnya diperkuliahan sasjep ini, matkul itu adalah MAGANG/PKL.

Jujur saja saya pengen merasakan magang sebelum lulus. Itu karena kuliah di sasjep ini, menurut saya seperti digiring menjadi seorang ‘peneliti’.  Ya bagi saya yang menginginkan kerja setelah kuliah, rasayanya kuliah di sasjep belum cukup untuk membuka mata ke dunia kerja. Lalu bagaimana dengan pertanyaan,”apa di kampus ga pernah berorganisasi?”. Jawabnya pernah. Tetapi saya rasa pengalaman saya belum cukup dalam organisasi di kampus untuk kerja (saya tulis kapan2). Nah karena itu saya jadi pengen masukin matkul ini ke krs saya bersama skripsi.

Sebelum saya mengisi krs online dan meminta ttd ke dpa(wajib di sasjep), tentu saja saya ingin tanya2 ke temen2 ada yg ngambil matkul itu apa tidak. Kalau dari jawaban teman2 saya, kebanyakan tidak. Agak menurunkan minat sih, tapi ya sudahlah lanjut aja wkwk. Nah pada hari krsnya, saya ke kampus dan mengisi krs di sana. di kampus lumayan sepi; yang datang cuma adek angkatan yg berkepentingan pembayaran kas dan yg jadwal krsannya hari itu. Lalu saya akhirnya mengisi krs dengan adek2 angkatan yang imut wwk. Login palawa, cek. Pilih isi krs, cek. cari matkul ‘skripsi’, cek. Terakhir cari matkul ‘magang’, cek. Semua sudah dan tinggal naik menghadapi bunda untuk krsan. But waitsssss..,,, ada yg menarik di matkul magang. Sekilas info pada setiap mata kuliah pasti ada yang mengampu, tapi saya ragu matkul magang sebenarnya ada atau tidak pengampunya, dan ternyata ada, pengampunya adalah pak stedi dan pak yayan. Dalam hati sih “lagi2 sama pak stedi.” Yang artinya 2 semester lalu pernah kuliah sama beliau berdua saja -__-. Untung kali ini ada pak yayan(sama ajaaa) dan alhamdulillah ada 2 orang lagi yang mengambil matkul magang, jadinya ga sepi wkwk. Anyway, jadi ada niat untuk tanya2 juga nanti pas krsan kalo ada beliau.

Langit cerah di pagi itu mungkin berpengaruh kepada para dosen. Waktu saya naik sepertinya sedang sibuk2nya akan atau sudah ada sesuatu di prodi. Yaa tanpa terlalu memikirkan itu saya langsung menghampiri bunda tutik dan langsung meminta tanda tangannya. ohya tidak lupa untuk tanya ttg magang. Walaupun mood bunda sedang baik, tapi beliau tidak bisa menjawab pertanyaan saya dan melemparkan langsung ke pak stedi. Dan katanya akan ada kuliahnya dan dijelaskan di sana. Mattee…,, seriuosly magang ada kuliahnya? baru denger wkwk. yaudah deh setelah itu saya pamit dan turun kebawah…

Okey ini awal perjuangan saya untuk mengerti dunia kerja… karena saya tidak biasa nulis panjang2, jadi terusan tulisan ini saya pending yep. kalo saya kesel saya akan cerita lagi. btw saya emang lagi kesel karena magang ini -_____-