sayap

Dari sebuah rumah pohon aku sering terbangun. Bukan berarti aku tinggal di  pohon. Tapi aku memang sering ketiduran saat aku asik bermain di rumah pohon sebelah rumah. Rumah pohon ini aku buat dengan Ayah waktu kecil dulu. Katanya, “Jika kamu sedih pergilah ke sini dan lihat pemandangan sekitar.”. Kata-kata itu betul-betul manjur, sampai sekarang buktinya aku betah di sini.

Menurutku dari sini aku bisa melihat semua. Langit kadang menangis, kadang maraah, kadang juga bohong. Langit itu biru, tapi kadang merah. Entah kenapa aku berbikir begitu. Aku suka langit biru. Warna merah sering ku perhatikan betul saat aku sedih. Langit kadang mengatakan sesuatu. Seperti ayah yang sudah tiada. Ayah itu sama dengan langit. Mereka luas dan juga memayungiku dari kegelapan.

Burung-burung sering menjawab lamunanku. Mereka bersiul menandakan mereka bebas hidup di udara tanpa masalah. Aku lihat sayap itu membantunya meraih langit yang penuh emosi. Burung sering ku sebut idola. Mereka seperti pemenang saat hewan lain tidak lagi terbang. Andai aku jadi mereka, aku pasti punya sayap juga dan dapat terbang bebas.

Pagi ini aku sepertinya terbangun lagi di rumah pohonku. Satu piring nasi goreng dan segelas air putih sudah tersedia di meja. Seperti biasa Ibu tahu dimana aku saat kamarku kosong. Walaupun begitu, Ibu tidak pernah marah. Ibu tahu itu tempat aku merenung. Ibu tahu itu tempat aku mengenang Ayah. Ibu memang tidak seperti Ayah, tapi beliau pengertian. Mungkin dalam hatinya ada satu surat untuk Ayah bahwa beliau rindu saat bersama.

Makanan yang ku lahap sudah selesai, selanjutnya mandi menjadi tujuan selanjutnya. Gambar-gambar biarlah berserakan di lantai rumah pohon itu. Nanti aku kembali merapihkannya. Mandi dulu biar hari Minggu ini jadi lebih baik. Oiya, rencana hari ini ingin pergi ke rumah Kirbi, mempersiapkan untuk mengunjungi pameran “Fantasia Indonesia”.

to be continued

Tinggalkan Balasan

