memaafkan

akhir2 ini pro dan kontra tentang ee kebencian membuat aku bingung. antara satu opini dan yang lainnya mempunyai landasan dan benar hampir mendekat. aku yang menemuinya hanya diam dan tak mau kena masalah. apa aku benar?

aku heran juga terhadap diriku yang masih bisa tahan dengan omelan atau untuk tidak ikut marah. banyak orang yang bercerita tentang keluhannya tentang seseorang yang dia anggap mengesalkan kepada ku. mereka bercerita seolah2 mereka suci. mereka bercerita seolah2 dia adalah suatu kotoran hewan yang harus disingkirkan. tapi aku mencoba untuk netral dan diam. kalaupun aku di posisi mereka aku akan memaafkan dia yang mengesalkan dan membuatnya terserah melakukan apapun. aku tidaklah cuek, namun aku mengerti apa yang harusnya aku perbuat.

ham itu ada, tp hak asasi yang Allah lah yang tertinggi. setiap manusia manusia mempunyai hak. dan setiap manusia paham betul dengan hak mereka. tapi kadang manusia buta hak. walaupun manusia punya hak, masih ada benar atau salah. maksudku masih ada tingkatan di atas hak manusia atau dengan kata lain dunia ini masih ada yang punya yang paling tinggi.

entah atas landasan apa aku mengakui bahwa aku seperti ini karena memaafkan. dari melihat naruto aku memutuskan untuk lebih memaafkan. walaupun tidak tahu itu maaf yang bagaimana. memaafkan itu penting agar menekan benci. dan nyatanya aku hampir tidak pernah membenci orang. aku hanya tidak ingin setan itu membuat silaturahim aku, keluarga, teman, atau yang lainnya pecah. kita harusnya manusia yang berperikemanusiaan.

Tinggalkan Balasan

